Episode 7: Candramawa

 


CANDRAMAWA

             Hitam dan putih, begitulah jalan kehidupan, kita tidak akan pernah tahu akan seperti apa di besok hari, seperti apa seminggu kedepan, sebulan kedepan, setahun kedepan, dan seterusnya, yah kita tak akan pernah tahu. Akan tetapi, hari ini engkau berusaha semaksimal mungkin bukan? Engkau ingin bahagia serta berjuang akan hal itu, tidak masalah dengan lelah yang engkau dapati di malamnya, pasti kau sudah bersyukur mendapatkannya.

            Hari-hari kau jalani, tentunya dengan harap ada yang bermakna di dalam harimu itu, engkau kuliah, belajar, rebahan, makan dan sebagainya, ini adalah keseharianmu bukan? Tentu sudah pasti, akan tetapi ku yakin tidak hanya itu saja, pasti engkau isi harimu itu dengan kebermanfaatan serta aktifitas yang tentunya engkau senangi.

            Tetapi di bagian bumi sebelah sana, ada yang tidak bisa sepertimu, bahkan sesuap nasipun susah untuk di temukan. Pendidikan tak pernah ia kenyam, rebah tidak penah ia rasakan, kesehariannya memungut sampah di jalanan. Sungguh alangkah beruntungnya  hidup kita sekarang di banding orang-orang kuat seperti mereka.:”)

            Hidup kita dipenuhi dengan warna yang cerah, namun masih saja kita sering mengeluh, “Kamu ngga akan ngerti perasaan aku!”, “Aku tuh orang paling sengsara di dunia ini”, sungguh jangan sampai kata-kata ini kembali terucap oleh bibir yang elok nan manis ini. Tetapi aku heran kenapa engkau masih saja mengeluh padahal masih ada yang lebih jauh rapuh darimu?

            Mereka yang hidupnya diisi dengan warna gelap, lihatlah tidak pernah merasa lelah seklipun dalam bekerja, tetap mengais sisa makanan yang ada di tong sampah demi mengobati rasa lapar yang berkepanjangan, tetap semangat dalam mencari uang walau hanya dari bekas plastik yang kita minum. Sungguh, hidup mereka lebih berat dari kita bukan?

            Sahabat Cerita Kehidupan, sudahkah engau bersyukur hari ini? Tuhan sudah memberimu kehidupan yang layak nan indah, akan tetapi engkau tetap saja merasa kekurangan, tolong lihat kembali di sekelilingmu, banyak orang-orang yang lebih rapuh darimu, akan tetapi mereka tidak sedikitpun mengeluh. Pesanku, jika bertemu dengan mereka, bagikanlah sedikit atau yang paling terbaik dari yang engkau punyai saat itu, sungguh itu sudah sangat membantu, semoga hidupmu selalu diberikan keberkahan dan juga rezeki yang mengalir terus dari Tuhan, Aamiin.

Indralaya, 23 September 2020

Yogi Novario Nandes


Komentar

  1. Aamiin allahumma aamiin. Terimakasih dek , tulisan ini seakan menjadi embun di pagi hari. Sejuk 🌼

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Aamiin, tulisan ini seperti air yang menyirami tanaman di sore hari...

    BalasHapus
  4. Mengeluh itu gapapa kalau kamu lelah saat berjuang, yang bahaya itu mengeluh padahal ga ngapa-ngapain. Menghabiskan waktu menyalahkan takdir.

    BalasHapus
  5. Perlu memang untuk berhenti sejenak.. Kalau lelah bijakny istirahat, bersyukur.. Tabarakallah

    BalasHapus
  6. Huhuu betapa beruntungnya kehidupan saya :"" terimakasih untk reminder yang keren sekali

    BalasHapus
  7. "Tuhan sudah memberimu kehidupan yang layak nan indah, akan tetapi engkau tetap saja merasa kekurangan, tolong lihat kembali di sekelilingmu, banyak orang-orang yang lebih rapuh darimu, akan tetapi mereka tidak sedikitpun mengeluh." Catat dan ingat

    BalasHapus
  8. Seseorang pernah bertanya, "Kenapa kamu suka warna hitam dan putih?" Ku jawab, warnanya netral uwuwu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uwuwuwuwu...

      Kalo aku suka warna merah putih krn itu warna bendera kita *eh apa sih

      Hapus
  9. Nasihat bisa dtg dari siapapun dan kapanpun. Makasih udh kasih reminder ttg bersyukur

    BalasHapus
  10. Mudah2an kita selalu menjadi hamba-nya yang tak lupa untuk bersyukur:)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer